Data Utama Madura Pemerintahan Sampang

DPRD Sampang Gelar Rapat Paripurna dan Terima LKPJ Bupati TA 2023

SAMPANG, beritadata.id – Tahun ini, Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Tahun 2023 sepertinya tidak akan molor kembali. Pasalnya, kamis (28/03/2024) kemarin Bupati Sampang melalui sekdakab Sampang membacakan Nota penjelasan bupati Sampang terhadap LKPj tersebut. Sehingga hal ini diharapkan dapat memacu kerja para wakil rakyat untuk menuntaskan tugasnya secara tepat waktu. Sehingga sinergitas antara legislatif dan eksekutif tetap bisa terjaga.

Dalam paripurna dengan agenda nota penjelasan bupati terhadap LKPJ Bupati TA 2023 dan pembentukan pansus LKPJ Bupati TA 2023 itu, dihadiri Sekdakab Sampang Yuliandi Setiawan, Forkopimda, OPD, serta dihadiri pimpinan dan anggota DPRD dan tamu undangan lainnya. Paripurna ini digelar sebagai agenda rutin DPRD dalam menjalankan tugasnya sebagai badan legislatif dan pemantau kinerja pemerintah  daerah.

Rapat agung dewan dalam paripurna ini digelar dalam rangka penyampaian nota penjelasan LKPj yang disampaikan langsung oleh Pj Bupati Sampang Rudi Arifiyanto yang diwakili oleh Sekdakab Sampang Yuliandi Setiawan. Dalam sambutannya, Sekdakab menerangkan adanya beberapa bagian yang menjadi prioritas utama dalam penentuan pembangunan. Yakni tentang arah kebijakan Pemkab, kebijakan pengelolaan keuangan daerah, dan program prioritas tahun 2024. “Ada empat bagian yang menjadi arah kebijakan kita dalam membangun sampang,” ujarnya.

Pihaknya berharap usai disampaikannya nota penjelasan LKPj 2023 tersebut dapat memberikan perubahan yang lebih efektif, efisien dan akuntabel terhadap manfaat besar bagi masyarakat. Terlebih apabila terdapat kesalahan dalam rencana program-program dan kegiatan yang belum sejalan dengan pandangan legislatif bisa memberikan masukan dan saran yang bersifat konstruktif. “Pihak legislatif dapat memberikan saran dan masukan demi pembangunan sampang yang lebih baik,” ungkapnya.

Ketua DPRD Sampang Fadol mengatakan pihaknya berterima kasih kepada jajaran perimerintah daerah yang secara tepat waktu dapat menyampaikan LKPj ini. Diharapkan hal ini dapat menjadi bahan evaluasi bersama bagi eksekutif maupun legislatif. Termasuk pula adanya pembentukan pansus LKPj yang nantinya bisa memberikan kontribusi yang nyata dan bisa memberikan evaluasi yang konstruktif bagi kemajuan pembangunan sampang kedepan. ”Kami berharap agar anggota pansus segera mempelajari dan menilai LKPj tersebut. Dari situ nantinya akan diberikan rekomendasi yang bisa bermanfaat untuk pembangunan Sampang,” jelasnya.

Ditempat lain, Sekretaris dewan (Sekwan) Anwari Abdullah secara lembaga dan pribadi menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak. Hal ini karena paripurna penyampaian nota penjelasan LKPj dapat berjalan sukses. Pihaknya hanya berharap agar pembahasan LKPj yang akan dilakukan oleh para wakil rakyat ini berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. “Hasil evaluasi itu akan disampaikan bilamana sudah dibahas. Semoga hasilnya akan berdampak positif terhadap pemerintahan dan pembahasan LKPj berjalan sukses dan lancar,” ucapnya dengan nada yang tegas. (*)

Leave a Comment