Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

DPRD Bangkalan Terima Masukan HMI Soal Perpres No 80 Tahun 2019

Ketua DPRD Bangkalan Muhammad Fahad didampingi sejumlah anggota saat menerima masukan dari Ketua Umum HMI Bangkalan Efendi

BANGKALAN, beritadata.id – DPRD Kabupaten Bangkalan menerima silaturrahmi dari Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Cabang Bangkalan, Senin (13/1/2019).

Selain silaturrahmi sejumlah kader HMI tersebut ingin berdiskusi terkait Perpres Nomor 80 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan sejumlah daerah termasuk Bangkalan.

Dalam rilis yang disampaikan oleh HMI Cabang Bangkalan kepada DPRD ada beberapa poin masukan sebagai langkah pemerintah daerah menghadapi percepatan pembangunan, diantaranya adalah:

1. Harus ada keterbukaan pemerintah Bangkalan (Open Government) terhadap investor dengan tidak mengenyampingkan kearifan lokal agar nilai-nilai kedaerahan tidak tergerus.
2. Adanya perencanaan secara matang dan kolektif antara semua elemen baik itu eksekutif maupun legislatif menghadapi percepatan pembangunan tersebut.
3. Intensif mengadakan jejak pendapat semua elemen baik itu Tokoh Masyarakat, Kiai, Organisasi Kepemudaan dan Stakeholder Bangkalan membahas rencana percepatan pembangunan tersebut.
4. Mengedepankan pembangunan sumber daya manusia dari pada pembangunan fisik (insfrastruktur).
5. Memprioritaskan pendidikan dan kebudayaan dengan penguatan identitas kedaerahan pemuda Bangkalan melalui kurikulum pendidikan SD, SMP dan SMA serta adanya pusat pelestarian budaya seperti cagar budaya, museum dan sanggar budaya.

Selain itu HMI Cabang Bangkalan juga memiliki tiga langkah praktis, diantaranya:

1. Pengenalan identitas kedaerahan melalui jambore kebudayaan dan pariwisata siswa se Kabupaten Bangkalan.
2. Pemanfaatan potensi lokal desa untuk dijadikan produk yang bernilai ekonomis melalui program Bina Desa HMI.
3. Gerakan Parenting Education dari KOHATI Cabang Bangkalan sebagai bentuk merawat generasi muda yang cemerlang.

Menanggapi hal itu Muhammad Fahad Ketua DPRD Bangkalan menerima semua masukan dari HMI Cabang Bangkalan untuk disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Bangkalan.

“Terimakasih, masukannya kita terima dan akan kita sampaikan dan koordinasikan dengan eksekutif,” ujar Politisi Partai Gerindra tersebut. (Red)

Leave a Comment