Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

Disdik Sumenep Optimis Percepatan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Tak Ada Kendala

Salah satu siswa SDN IV Parsanga saat divaksin

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, optimis pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun berjalan lancar.

Optimisme ini didukung oleh upaya sosialisasi yang sudah dilakukan kepada masyarakat sebelum melakukan vaksinasi anak. Dimana, wali murid atau orang tua siswa menyambut baik sosialisasi tanpa adanya penolakan.

Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra menyebut, sejauh ini progres vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun telah dilakukan disejumlah sekolah dasar (SD) swasta maupun negeri.

Untuk launching yang pertama, vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun di Sumenep telah dimulai sejak Rabu (02/02/2022) lalu. Tepatnya di SDN IV Desa Parsanga.

Agus menerangkan, dalam pelaksanaan vaksinasi khusus usia dini itu tidak ada paksaan terhadap para orang tua siswa agar anaknya divaksin. Artinya, pihak sekolah tidak mengeluarkan surat pernyataan persetujuan siswa wajib divaksinasi.

“Orang tua hanya mengiyakan atau tidak saja. Tidak ada macam-macam,” ujar Agus saat diwawancara, Selasa (08/02/22).

Sejauh ini sudah ada dua sekolah yang telah melakukan vaksinasi pertama. Diantaranya SDN Parsanga IV dan SDN Marengan Daya 1. Dua sekolah tersebut, kata Agus, semuanya berjalan lancar. Tidak ada penolakan dari para orang tua terhadap vaksinasi tersebut.

“Sampai saat ini belum ada keluhan. Mudah-mudahan tidak sampai ada, agar pelaksanaan vaksinasi terhadap anak usia 6 hingga 11 tahun berjalan lancar,” harapnya.

Meski begitu, pihaknya tidak memungkiri bahwa ada sebagian orang tua siswa yang masih ragu-ragu untuk memberikan izin anaknya untuk divaksin. Hasil pantauannya, beberapa orang tua atau wali murid siswa ada yang masih khawatir tentang efek vaksin usia dini tersebut.

“Khawatir ada efeknya. Itu saja. Tapi ini sudah terbukti aman, yang jelas kami optimis percepatan pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 di Sumenep ke depan tak ada kendala,” lanjutnya. (Zn)

Leave a Comment