Data Utama Madura Pendidikan Sumenep

Disdik Sumenep Optimis Jumlah Sekolah Terakreditasi A di Kota Keris Bertambah

Ilustrasi siswa SD saat mengikuti upacara (Istimewa)

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep optimis jumlah Sekolah Dasar (SD) di Kota keris yang terakreditasi A akan terus bertambah.

Pasalnya, setiap tahun Disdik Sumenep memiliki target untuk menambah jumlah sekolah terakreditasi A.

Kepala Bidang Pembinaan SD Disdik Sumenep Ardiansyah Ali Sobich mengatakan, tahun ini Disdik menargetkan sebanyak 25 SD terakreditasi A.

Penetapan target ini merupakan upaya Disdik guna meningkatkan mutu pendidikan di Kota Keris. Dimana, semakin banyak sekolah yang terakreditasi A maka, pendidikan di Kota setempat dikategorikan maju.

“Makanya kami berupaya maksimal agar sekolah-sekolah disini semakin banyak yang terakreditasi A,” katanya, Kamis, 16 Maret 2023.

Ardiansyah menjelaskan, untuk menaikkan status sekolah memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Sekolah akan naik statusnya apabila keberadaan sumber daya manusia (SDM) guru, kepala sekolah (Kepsek), dan staf lainnya dinilai sudah mumpuni.

Kunci utamanya adalah, mutu pendidikan dan kualitas lulusan peserta didik yang baik. Proses pembelajaran dan manajemen sekolah bagus. Termasuk juga kondisi ruang kelas, operasional sekolah dan sarana prasarana lainnya.

“Makanya tahun ini kami tidak menarget terlalu banyak, ada penambahan setidaknya 25 sekolah terakreditasi A sudah bagus,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, dari 652 lembaga pendidikan SD di Sumenep, baru 42 sekolah yang sudah terakreditasi A.

Meski tergolong sedikit, pihaknya optimis jumlah itu akan bertambah, apalagi saat ini Disdik gencar melakukan sosialisasi ke berbagai sekolah. Terutama, lembaga pendidikan yang berada di kepulauan.

“Tentu tujuannya untuk membenahi manajemen dan infrastruktur di masing-masing sekolah. Sehingga, target 25 sekolah terakreditasi A tahun ini tercapai,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment