Data Utama Madura Pendidikan Sumenep

Disdik Sumenep Akan Evaluasi Sekolah Dasar yang Sepi Peminat

Siswa SD saat bermain (Istimewa)

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Pendidikan (Dindik) Sumenep akan evaluasi sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang sepi peminat. Pasalnya, ada salah satu sekolah yang sama sekali tidak dapat siswa baru.

Sekolah tersebut yakni SDN Meddelan Kecamatan Lenteng. Dimana dalam tahun ajaran baru ini sama sekali tidak mendapatkan peserta didik. Total siswa di kelas 2-6 saat ini hanya ada 13 orang.

Kepala Dindik Sumenep Agus Dwi Saputra yang mengatakan, sekolah yang siswanya sangat minim dan sepi peminat akan diupayakan tidak sampai tutup karena kalah bersaing dengan sekolah lain.

“Sekarang kami akan evaluasi. Jadi kita ada skala prioritas SD mana yang serapan siswanya rendah atau tidak ada sama sekali,” katanya, Selasa (19/07/22).

Dirinya menegaskan, sekolah yang serapan siswanya minim atau bahkan nihil supaya lebih kreatif mencari solusi, sehingga bisa bersaing di masa depan.

Seperti, pengelola pendidikan harus lebih sering turun ke bawah bertemu masyarakat atau kepala desa. Pengelola pendidikan harus bisa berbaur dengan masyarakat sekitar sehingga ada ikatan emosional.

“Memang harus ada pendekatan secara kultural melalui tokoh masyarakat atau kepala desa. Kan siswa ini mau sekolah dimana tidak bisa dipaksa. Kadang mereka sudah kompak di sekolah tertentu karena teman mainnya ada sekolah itu,” sambungnya. (Zn)

Leave a Comment