Data Utama Madura Sumenep

Disbudporapar Warnai Hari Jadi Sumenep ke-753 dengan Pameran Keris

Sekjen Sanapati Nusantara Hasto Kristiyanto didampingi Bupati Achmad Fauzi saat pembukaan pameran keris

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudporapar) sukses menggelar pameran keris.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni sejak 14-26 Oktober. Bertempat di halaman depan Labeng Mesem Pendopo Keraton, Kelurahan Pajagalan, Kecamatan Kota.

Dikatakan, kegiatan pameran itu merupakan serangkaian acara dalam rangka merayakan Hari Jadi Sumenep ke-753. Dengan tema “Keris Sumenep Merajut Kebhinekaan Nusantara” .

Dalam pembukaannya, Jumat (14/10/22), dihadiri langsung oleh Sekretaris Jenderal Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara) Hasto Kristiyanto dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Pra yang juga menjabat sebagai Sekjen DPP PDIP itu tak lupa mengapresiasi para empu atau pengrajin keris di Sumenep saat memberikan sambutannya.

Pasalnya, hingga saat ini para empu di Sumenep tetap konsisten berkreasi dan inovatif melestarikan pembuatan keris hingga dikenal dunia.

“Merawat dan kerajinan ini adalah wujud berkat leluhur yang telah mewariskan budaya keris,” katanya.

Sementara itu Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengutarakan, dalam kegiatan pameran ini terdapat sedikitnya 12 keris nusantara dan 69 keris Sumenep yang dipamerkan.

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk merawat, menjaga, dan berasal dari warisan budaya keris sebagai pusaka asli Indonesia, serta menjadikan Kabupaten Sumenep sebagai kota keris di Indonesia.

“Keris ini warisan dari para nenek moyang yang perlu dilestarikan. Namun yang terpenting tidak bertuhan kepada keris, tapi yang pasti ini harus dilestarikan,” ujar Bupati.

Ditempat yang sama, Kepala Disbudporapar Sumenep Mohammad Iksan mengungkapkan, ada sekitar 20 kegiatan yang akan digelar dalam rangkaian acara Hari Jadi Sumenep ke-753.

“Untuk pameran keris sendiri diikuti sekitar 150 peserta. Selain perajin lokal, juga terdapat perajin yang dari Malang, Surabaya, Jogjakarta, Solo, dan Jakarta,” ungkapnya.

Selain itu, tak lupa Ikhsan mengajak seluruh elemen masyarakat Sumenep untuk ikut berpartisipasi dan memeriahkan rangkaian acara semarak Hari Jadi.

“Pada momentum hari jadi ini akan diisi dengan pagelaran beragam seni dan budaya. Harapannya masyarakat juga ikut andil ” tutupnya. (Zn)

Leave a Comment