Data Utama Madura Olahraga Sumenep

Disbudporapar Sumenep Segera Evaluasi Hasil untuk Songsong Porprov 2023

Kepala Disbudporapar Sumenep Moh Iksan (tengah) saat mendampingi atlet di Porprov

SUMENEP, beritadata.id – Porprov Jatim 2022 resmi berakhir pada Minggu 3 Juli 2022 lalu. Pada kesempatan itu Kabupaten Sumenep berhasil mengoleksi 7 medali emas Edisi Porprov Jatim VII tersebut.

Selain mendapatkan 7 medali emas, Kontingen Sumenep juga mengumpulkan 7 medali perak dan 11 medali perunggu.

Namun, capaian itu masih belum cukup memuaskan bagi Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep Moh Iksan.

Pasalnya, target yang dicapai hanya perolehan medali emas yakni 7. Sementara target 13 medali perak dan 15 medali perunggu tidak tercapai.

“Medali perak kita kurang 6, medali perunggu kurang 4,” katanya, Selasa (05/07/22).

Atas raihan prestasi Kontingen Sumenep tersebut, pihaknya mengatakan Disbudporapar akan segera melakukan evaluasi menyeluruh. Terutama, terhadap Cabang Olahraga (Cabor) yang menim fasilitas namun mampu memberikan prestasi terbaik.

“Contoh Cabor atletik, mereka juara dapat emas, tapi sampai sekarang saya lihat belum memiliki fasilitas atletik,” terangnya.

Kata dia, ada 4 hal yang harus dievaluasi demi menyongsong Porprov Jatim 2023. Diantaranya pembangunan dan perbaikan sarana dan prasarana (Sarpras) fasilitas olahraga. Adanya sarpras yang memadai menurutnya dapat mendorong atlet menjalani latihan dengan baik.

Kedua, pembinaan yang dilakukan oleh KONI terhadap para Cabor, latihan intensif yang berbobot, berkelanjutan, juga bisa meningkatkan kualitas atlet.

“Disamping sarana fasilitas dan pembinaan dari KONI, ketiga kita juga harus menyiapkan anggaran atau dana hibah untuk kebutuhan para Cabor,” jelasnya.

“Yang mana tahun ini 2 M, mungkin tahun depan bisa dinaikkan, karena hasilnya sudah kita ketahui, nanti kita bisa usulkan,” paparnya.

Keempat, yaitu menjalin kemitraan atau menggandeng sponsorship dengan sektor swasta. Dirinya berharap ada pihak ketiga yang bersedia menginvestasikan kegiatan di bidang olahraga.

“Bisa bersifat industri keolahragaan, bisa bersifat pembinaan secara masif, itu yang akan kita tempuh, kita bisa bareng-bareng memajukan olahraga Sumenep,” ucapnya.

“Karena di 2023 Porprov diselenggarakan kembali, persiapannya itu tadi, evaluasi yang 4, harapannya tahun depan prestasi kita semakin meningkat,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment