Data Utama Madura Pemerintahan Sumenep

Disbudporapar Sumenep Optimis Sektor Pariwisata Tahun 2022 Kembali Pulih

Sejumlah pengunjung destinasi wisata pantai lombang saat menikmati jasa naik kuda

SUMENEP, beritadata.id – Optimisme Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep dalam menyambut tahun anggaran baru patut diapresiasi. Pasalnya, pada tahun ini target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dinaikkan mencapai Rp 1,5 miliar.

Kepala Disbudporapar Sumenep Moh Iksan mengatakan, dalam dua tahun terakhir dunia wisata di Kota Keris memang layu. Tentu saja penyebabnya karena adanya pandemi Covid-19.

Dimana, tahun 2022 ini dengan suksesnya pelaksanaan vaksinasi, pihaknya optimis bahwa kedepan sektor pariwisata di Sumenep akan kembali pulih dan berdampak positif terhadap masyarakat.

Sehingga, upaya peningkatan PAD Pariwisata dirasa layak untuk dinaikkan dari tahun lalu yang hanya sebesar Rp 1 miliar. Dimana, tahun ini pihaknya menegaskan menaikkan target PAD Rp 1,5 M.

“Tahun ini harus ada peningkatan pendapatan dari wisata dan berdampak baik terhadap masyarakat. Makanya kami menaikkan PAD,” jelas Ikhsan, Rabu (09/08/22).

Dalam rangka mencapai target PAD tersebut, dirinya akan menarik kegiatan atau event yang sifatnya nasional ke Kabupaten Sumenep, dan akan menambah fasilitas yang ada di tempat wisata. Menurutnya, di sejumlah objek wisata, masih banyak fasilitas yang harus diperbaiki dan ditambah

Seperti halnya Wisata Pantai Lombang. Di wisata ini membutuhkan tenda dan tempat istirahat setelah pengunjung berenang di air laut.

“Nanti, kalau ada kegiatan tingkat Provinsi dan Nasional, kami tarik ke Sumenep. Minimal ada pemasukan ke PAD, dan juga kami akan menambah fasilitas di tempat wisata,” urainya.

Selain itu, Iksan menyampaikan akan mengajak kerjasama pengelola objek wisata di luar Pemerintah Daerah (Pemda). Salah satunya, tiket masuk harus diporporasi sehingga ada pemasukan ke daerah.

“Sebab selama ini pengelola objek wisata membuat tiket sendiri, tanpa ada porporasi,” sambungnya.

Iksan berharap, semua pihak bisa mendukung kegiatan Disbudporapar Sumenep demi mewujudkan keinginan bersama, utamanya yang bersangkutan dengan peningkatan PAD.

“Target kami ada kenaikan PAD, bukan kenaikan jumlah pengunjung wisata. Harapan kami kedepannya objek wisata di Kabupaten Sumenep bisa menambah kesejahteraan masyarakat, baik itu bagi pengelola maupun masyarakat umum,” pungkas Ikhsan. (Zn)

Leave a Comment