Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

Dinkes Sumenep Siapkan 37.480 Vaksin Dosis Kedua di 27 Puskesmas

Kepala Dinkes Sumenep Agus Mulyono saat diwawancara beberapa waktu lalu

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep siapkan vaksinasi tahap kedua sebanyak 37.480 ribu dosis. Vaksin tahap kedua itu nantinya akan salurkan diseluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) meliputi wilayah daratan dan kepulauan.

Kepala Dinkes Sumenep Agus Mulyono mengatakan, seluruh Puskesmas yang ada di 27 Kecamatan di Sumenep sudah siap melakukan vaksinasi Covid-19 dosis kedua.

Secara berkelanjutan, kata Agus, vaksin Sinovac dosis kedua berkisar selama 28 hari setelah dosis pertama. Sementara vaksin Astra Zeneca berkisar selama 3 bulan berikutnya setelah dosis pertama.

“Kami berharap kepada masyarakat yang sudah jatuh tempo untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis kedua, segera melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat maupun di rumah sakit,” ungkapnya, Senin (12/7/21).

Kebutuhan vaksinasi Covid-19 untuk dosis 2 lanjut Agus, yaitu sebanyak 22.487 dosis, yang tersebar di wilayah daratan maupun kepulauan.

Dimana, secara dosis vaksin, kata Agus, awalnya dosis kedua hanya tersedia 22.487 dosis, hanya saja, Dinkes Sumenep berjaga-jaga dirasa lain waktu ditakutkan kebutuhan vaksinasi berkurang. Sebab itu pihaknya menyediakan sebanyak 37.480 ribu dosis.

Untuk vaksin kedua itu kata dia, akan diberikan kepada pelayan publik, lansia, dan juga masyarakat umum.

“Jadi cukuplah untuk memberikan vaksinasi Covid-19 dosis kedua yang tersebar di semua Puskesmas,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment