Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

Dinkes Sumenep Pastikan Tak Akan Melockdown Puskesmas Lagi

Kepala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono saat ditemui di ruang kerjanya

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep kembali mengintruksikan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama pandemi Covid-19.

Meski saat ini sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) di beberapa Puskesmas banyak yang tertular Covid-19, Dinkes pastikan tidak akan melakukan penutupan sementara (Lockdown) puskemas lagi. Sebagaimana yang pernah dilakukan awal-awal pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan Kepala Dinkes Sumenep, Agus Mulyono saat dimintai keterangan di ruang kerjanya, Kamis (15/7/21).

Ia menyebutkan, Nakes yang terpapar Covid-19 di beberapa Puskesmas yang ada tidak sampai mempengaruhi pada pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Jadi, ini adalah sebuah usaha kemanusiaan, kami tidak akan sampai melakukan lockdown Puskesmas yang Nakesnya terpapar Covid-19, sebab jika itu dilakukan maka akan semakin mempersulit pelayanan, terlebih dalam situasi seperti ini,” ungkapnya.

Menurut Agus, bagi Nakes yang terpapar Covid-19 di beberapa Puskesmas sifatnya akumulatif dan tidak bersamaan. Bahkan, sudah lebih banyak yang sembuh dan kembali bekerja seperti biasanya.

“Yang terpapar Covid-19 itu tidak berbarengan, jadi ada yang sudah sembuh dan kembali lagi bekerja untuk melayani masyarakat. Dan rata-rata mereka melakukan isolasi mandiri,” paparnya.

Pihaknya menekankan, jika ada Nakes yang tidak bisa melakukan untuk isolasi mandiri, maka akan dilakukan rujukan isolasi atau perawatan di rumah sakit.

“Hampir semua Nakes yang terpapar Covid-19 di Sumenep pada umumnya melakukan isolasi mandiri, kecuali memang ada yang harus dirujuk ke rumah sakit baru kita lakukan,” ujar Agus.

Kata dia, pihaknya akan terus melakukan upaya demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Sumenep dan akan meminta dukungan dari semua elemen, utamanya masyarakat. Terlebih kepada Nakes yang ada sudah melakukan upaya terbaik untuk memaksimalkan pelayanan.

“Perjuangan para Nakes yang ada sudah dilakukan sepenuhnya. Namun tanpa dukungan dari masyarakat, itu akan percuma. Makanya masyarakat harus mematuhi peraturan Pemerintah demi keselamatan kita bersama, kami semua di kesehatan juga berharap pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment