Bangkalan Data Utama Kesehatan Madura Pemerintahan

Dinkes Bangkalan Tunggak Pembayaran Klaim Biakes Maskin 5 M ke RSUD Syamrabu

BANGKALAN, beritadata.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan memiliki tanggungan pembayaran klaim Biaya Kesehatan Masyarakat Miskin (Biakes Maskin) Tahun Anggaran 2020 kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syamrabu Bangkalan. Berdasarkan data yang dihimpun, tanggungan pembayaran klaim Biakes Maskin tersebut sejumlah Rp. 5.349.026.350, yakni dari Bulan Juni sampai Desember.

Kepala Dinkes Kabupaten Bangkalan Sudiyo membenarkan tunggakan pembayaran klaim Biakes Maskin kepada RSUD Syamrabu itu. Ia beralasan tunggakan itu lantaran sumber anggaran terkena refocusing adanya pandemi Covid-19.

“Transfer dari pusat minimalis, APBD minimalis, sehingga kita tidak bisa membayar kegiatan itu. Pada saat itu ledakan pasien sedang banyak. Salah faktor utamanya kita tidak bisa membayar itu karena refocusing,” katanya, Jumat (10/9/2021).

Sudiyo mengaku pihaknya sudah membahas hal tersebut. Menurutnya, kemungkinan tahun depan akan dicarikan anggaran untuk membayarkan tunggakan klaim Biakes Maskin itu.

Saat ditanya kapan pastinya akan dibayarkan? Sudiyo tidak menjawabnya. Bahkan ia meminta hal itu ditanyakan langsung kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bangkalan. “Ketua TAPD nya pak Sekda, silahkan tanyakan ke Pak Sekda,” tuturnya.

Namun kata Sudiyo untuk Biakes Maskin tahun 2021 ini sudah dibayarkan sampai dengan bulan Juni. “Tapi yang tahun sekarang sudah kita bayarkan,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment