Bangkalan Data Utama Madura Pendidikan

Diesnatalis ke-39, STKIP PGRI Bangkalan Berharap Dapat Kado Perubahan Menjadi Universitas

BANGKALAN, beritadata.id – Puncak peringatan Diesnatalis ke-39 Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Bangkalan di gelar di Graha, Senin (10/6/2024) berjalan dengan semarak.

Peringatan ulang tahun kampus itu dikemas dengan sejumlah perlombaan yang diikuti oleh siswa tingkat SMP dan SMA sederajat serta tingkat mahasiswa yang dimulai sejak tanggal 20 Mei lalu.

Selain mengadakan sejumlah perlombaan, juga mengadakan expo pendidikan dan bazar UMKM.

“Puncaknya hari ini, tasyakuran dan closing ceremony acara Diesnatalis,” kata Ketua Pelaksana Diesnatalis STKIP PGRI Bangkalan ke-39, Eni Listiawati.

Dari kegiatan lomba tersebut, STKIP PGRI Bangkalan memberikan hadiah berupa beasiswa ratusan juta bagi semua peserta lomba.

Dengan hal tersebut, pihaknya berharap STKIP PGRI Bangkalan dapat terus berkontribusi untuk anak bangsa di dunia pendidikan.

“Harapannya STKIP bisa mengembangkan sayapnya sehingga bisa memberikan kontribusi baik di skala lokal, nasional maupun internasional,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua STKIP PGRI Bangkalan Fajar Hidayatullah mengatakan, usia 39 tahun bukan berarti menua, melainkan menjadi semakin dewasa dan matang dalam berkontribusi.

“Kami sudah mengusulkan perubahan bentuk menjadi universitas, dan saat ini sedang dalam proses, tinggal melengkapi beberapa kekurangan,” ujarnya.

Di usia yang cukup matang ini, pihaknya berharap nanti mendapatkan kado perubahan bentuk menjadi universitas.

Dalam proses perubahan bentuk itu, pihaknya mendirikan tiga program studi (jurusan) baru, yakni bisnis digital, design komunikasi visual dan ilmu komputer.

“Saat ini kami sudah mulai merekrut doses untuk mengajar di tiga jurusan tersebut. Mudah-mudahan ini bisa menjadi kado diesnatalis ke-39 tahun ini,” ucapnya. 

Selain itu, Fajar menjelaskan penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024-2025 STKIP PGRI Bangkalan, selain jalur reguler dan beasiswa bagi calon mahasiswa baru (camaba), STKIP PGRI Bangkalan juga membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada semua program studi di STKIP PGRI Bangkalan. 

“Jalur RPL ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk melanjutkan studi S1 yang dapat dikonversi melalui pengalaman kerja,” tandasnya.

Dengan memiliki ijazah setara SMA/SMK dan pengalaman kerja minimal 2 tahun, masyarakat dapat melanjutkan studi S1 di STKIP PGRI Bangkalan melalui jalur RPL. 

Secara legalitas STKIP PGRI Bangkalan telah memperoleh ijin dari Kemdikbud Ristek menyelenggarakan pendidikan melalui jalur RPL dan semua program studi juga telah terakreditasi “baik sekali”. 

“Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi bagian penerimaan mahasiswa baru,” katanya. (Tep)

Leave a Comment