Data Utama Madura Sampang

Di Kampus, Sekarang Bisa Bayar Pajak Kendaraan

SAMPANG, beritadata.id – Salah satu terobosan menarik ditunjukan Bapenda Jatim guna memudahkan dan mendekatkan pelayanan, khususnya terhadap mahasiswa dan sivitas akademika pada umumnya. Yakni Samsat Kampus Online yang dilaunching di kampus Poltera, Kamis (24/3/2022).

Pembukaan Samsat kampus ini merupakan langkah maju dan strategis serta sebagai salah satu terobosan dalam perbaikan pelayanan publik khususnya terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan surat tanda nomor kendaraan (STNK) setiap tahunnya.

Menurut Kepala UPT Bapenda Jatim Saiful Fathoni, adanya samsat daring di kampus ini merupakan sistem pelayanan terpadu untuk menjangkau mahasiswa, dosen, karyawan, dan masyarakat sekitar agar dapat melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) Tahunan. “Inovasi baru pembayaran Pajak tahunan di koperasi milik kampus, sehingga mahasiswa tidak perlu lagi datang ke kantor samsat, cukup bayar pajak di koperasi kampus,” ujarnya.

Adanya Samsat Kampus ini juga diharapkan dapat membantu dan mempermudah sivitas akademik Poltera dalam melakukan berbagai macam transaksi pembayaran. Dengan sistem pelayanan seperti ini juga dapat menjangkau untuk mempermudah masyarakat disekitar kampus agar tidak perlu jauh-jauh lagi untuk membayar pajak kendaraan bermotor.

Samsat Kampus yang bekerja sama dengan Bank Jatim merupakan layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka keuangan inklusif yang disediakan oleh Bank Jatim dalam memberikan layanan perbankan. “Pembayaran nantinya melalui aplikasi Laku Pandai dari Bank Jatim,” ungkapnya.

Menurutnya launching kampus online ini merupakan langkah bersama untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat. Tujuannya untuk menambah titik layanan dan pendekatan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, pihak Poltera sendiri mengapresiasi launching kampus online tersebut. Dikemukakan, keberadaan kampus online merupakan cara cerdas untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD), karena dengan cara ini akan ada kemudahan bagi mahasiswa dan sivitas akademik untuk membayar pajak tahunan.

Hadir dalam launching tersebut, Kepala UPT Bapenda Provinsi Jatim Saiful Fathoni, Pimpinan Bank Jatim sampang Moh. Arif Firdaus, Direktur Poltera Sampang Dr. Arman Jaya, S.T, M. Tk, Adpel Samsat Sampang R Arie Iriadi, SE, Kanit Regident Satlantas Polres Sampang Ipda Iwan Suhadi, serta dari Jasa Raharja. (ful)

Leave a Comment