Bangkalan Data Utama Madura Metropolitan

Cuaca Panas Menyengat, Sampai Kapan? Begini Penjelasan BMKG

Ilustrasi cuaca panas menyengat

BANGKALAN, beritadata.id – Akhir-akhir cuaca panas menyengat melanda wilayah Jawa Timur tak terkecuali di Kabupaten Bangkalan. BMKG memperkirakan musim kemarau akan segera berakhir.

Tentu saja cuaca panas tersebut dikeluhkan oleh sebagian masyarakat. Sebut saja Adi, warga Kecamatan Socah, Bangkalan itu menyebut cuaca akhir-akhir ini begitu panas.

“Siang dan malam kalau sekarang panas terus. Kalau kemarin-kemarin biasanya hanya siang yang panas,” ujarnya di salah warung kopi, Jumat (4/10/2019).

Menanggapi hal itu Teguh Tri Susanto Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda mengatakan saat ini wilayah Jawa Timur masuk akhir musim kemarau.

“Saat ini masuk akhir musim kamarau. Diperkirakan akan mengalami hari tanpa hujan hingga November mendatang,” ujarnya.

Saat ini lanjut dia sejumlah wilayah di Jawa Timur sudah hujan namun belum merata. Diprediksi, hujan baru akan turun pada akhir Oktober.

“Nanti di Jawa Timur wilayah selatan akan lebih dulu hujan,” imbuhnya.

Dari data BMKG lanjutnya, suhu di wilayah Jawa Timur bisa mencapai 30 derajat Celcius. Sedangkan posisi matahari di Selatan. Kemudian nanti sekitar tanggal 13-14 Oktober, matahari akan tepat di atas Surabaya.

“Suhu dengan kisaran 36,7-36,8 derajat Celcius dan paling tinggi 38 derajat Celcius,” katanya.

Musim kemarau tahun ini jelasnya memang mundur dari tahun sebelumnya. Kata dia harusnya saat ini sudah masuk masa peralihan. “Tapi ini masih belum ada tanda-tanda. Memasuki musim hujan sekitar 1-3 November,” jelasnya.

Ia menghimbau agar berhati-hati untuk aktivitas di penyebrangan dan pelayaran karena angin cukup kencang dan gelombang tinggi.

“Jadi bagi yanh akan melakukan pelayaran harus terus mengupdate informasi dari BMKG,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment