Bangkalan Data Utama Kesehatan Pemerintahan

Cegah Penyebaran Covid-19, Komisi D Desak Pasar di Klampis dan Blega Ditutup Sementara

Nur Hasan Ketua Komisi D DPRD Bangkalan

BANGKALAN, beritadata.id – Ketua Komisi D DPRD Bangkalan Nur Hasan mendesak Pemerintah Kabupaten Bangkalan untuk segera menutup sementara pasar di Kecamatan Klampis dan Blega.

Hal itu dianggap perlu untuk dilakukan karena ada warga dari dua kecamatan tersebut positif terkena Covid-19. Tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Desakan Nur Hasan itu bukan tanpa alasan. Kata dia mengingat penyebaran virus asal Cina itu sangatlah cepat, maka tindakan untuk menutup tempat yang menjadi pusat kerumunan sangat perlu dilakukan.

“Salah satunya ya pasar. Karena pasar menjadi pusat kerumunan masyarakat,” ujarnya, Sabtu (11/4/2020).

Jika pasar tidak segera ditutup lanjutnya, maka sangat mungkin akan menjadi pusat penyebaran Covid-19 di daerah tersebut.

“Kita tidak pernah tahu warga yang positif tersebut telah berinteraksi dengan siapa saja. Bisa jadi dengan orang tidak kita tahu,” imbuhnya.

Meski pihak pemerintah akan melakukan tracing atau pendataan terhadap siapa saja yang melakukan kontak namun menurutnya hal itu tidaklah cukup.

“Pemerintah harus melakukan langkah-langkah progresif berskala besar contohnya dengan menutup tempat kerumunan salah satunya pasar,” tuturnya.

Politisi PPP itu juga mengimbau kepada masyarakat khususnya di dua kecamatan tersebut agar selalu menerapkan pola hidup sehat.

“Jaga kesehatan tubuh, jaga kebersihan lingkungan dan sering-seringlah cuci tangan,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment