Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Cara Warga Desa Bator Dukung Pengangkatan Pj Kades

BANGKALAN, beritadata.id – Warga Desa Bator Kecamatan Klampis punya cara tersendiri untuk mendukung pengangkatan Penjabat (Pj) Kepala Desa (Kades).
Senin (26/12/2022) warga desa berbondong-bondong mendatangi pendopo Kecamatan Klampis. Kehadiran warga sekitar 1.200 itu untuk mendukung Plt Bupati Kabupaten Bangkalan dalam pengangkatan Pj Kepala Desa Bator.

Korlap aksi H. Bahir mengungkapkan, pengangkatan Pj Kepala Desa adalah wewenang PLT Bupati. Hal itu kata H. Bahir sudah Sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 51 Th 2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa & Pemilihan Kepala Desa Antar waktu Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 poin 8 yang menyatakan bahwa Penjabat Kepala Desa adalah seorang pejabat yang diangkat oleh Bupati.

“Yang berwenang untuk melaksanakan tugas, hak dan wewenang serta kewajiban kepala desa dalam kurun waktu tertentu,” kata korlap aksi.

Menanggapi tuntutan massa itu, Camat Klampis Abdul Malik mengatakan sesuatu yang sudah di SK kan tidak bisa dirubah.

“Keputusan itu sudah berdasarkan Perbup, jadi kita tidak bisa serta merta menolak. Yang menjadi tugas kita terpenting Kecamatan Klampis kondusif selama gelaran Pilkades nanti,” imbuhnya.

Sebelumnya masyarakat sempat menolak Pj Kepala Desa Bator, Senin (19/12/2022) lalu.

Massa yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu tersebut menolak Pj Kepala Desa Bator karena bukan orang dari desa tersebut.

Sekedar diketahui, Desa Bator termasuk 10 Desa yang sudah habis masa jabatan Kepala Desa, sehingga Pemkab mengangkat Pj Kades hingga gelaran Pilkades usai 3 Mei 2023 mendatang.

Leave a Comment