Data Utama Madura Sumenep

Bupati Sumenep Minta TPID Gerak Cepat Tekan Inflasi

TPID Sumenep turun lapangan memantau harga bahan pokok di pasar anom baru

SUMENEP, beritadata.id – Menjelang hari raya Idul Adha, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Sumenep pantau harga sembako di pasar Anom Baru untuk memastikan harga bahan pokok dalam keadaan stabil.

Plt Kabag Perekonomian Kabupaten Sumenep Heru Santoso mengatakan, pemantauan harga bahan pokok di pasar Anom Baru tersebut merupakan upaya Pemkab untuk mengetahui langsung pergerakan harga di pasar.

“Kami ingin memastikan harga kebutuhan pokok menjelang lebaran ini stabil,” katanya, Selasa 20 Juni 2023.

Ia mengungkapkan, hasil pantauan TPID di Pasar Anom harga sejumlah kebutuhan pokok cenderung naik. “Komoditas seperti cabai, sayur mayur kubis dan lainnya juga ada yang naik ada yang tetap,” ungkapnya.

Menurut Heru, pemantauan harga bahan pokok di pasar juga merupakan salah satu langkah pengendalian inflasi yang tidak bisa dihindari. Sebab, selama kebutuhan dan permintaan meningkat maka harga akan naik.

“Inflasi ini bisa dikendalikan, bukan berarti adanya inflasi ini berdampak negatif, jadi harapan kami tim ini efektif dan efisien dalam mengendalikan inflasi,” urainya.

Sementara itu Bupati Sumenep Achmad Fauzi menegaskan, strategi yang akan dilakukan Pemkab Sumenep untuk mengendalikan inflasi ada dua, yakni jangka pendek dan jangka panjang.  

“Penanganan jangka pendek untuk mengendalikan inflasi daerah adalah bantuan sembako kepada masyarakat dan subsidi distribusi, karena sebagian barang yang dijual di Pasar Anom itu didatangkan dari luat kota,” tegasnya.

“Untuk itu saya minta TPID agar gerak cepat, jangan sampai inflasi ini berefek terhadap naiknya angka kemiskinan,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment