Bangkalan Data Utama Madura Pemerintahan

Bupati Bangkalan Lantik Kades Tolbuk Hasil PAW

Bupati Bangkalan saat melantik Kades Tolbuk hasil Pemilihan PAW

BANGKALANberitadata.id – Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron resmi melantik Kepala Desa (Kepala Desa) Tolbuk, Kecamatan Klampis hasil Pemilihan Pergantian Antar Waktu (PAW), Jumat (4/10/2019).

Kades Tobuk hasil PAW yang dilantik adalah Moh Nurul Hasan. Ia menggantikan Kades sebelumnya yang meninggal dunia.

Ra Latif (sapaan akrab Bupati Bangkalan) dalam sambutannya mengatakan kepala desa adalah ujung tombak dalam penyelengaraan pemerintah daerah.

“Karenanya kades dituntut untuk memiliki pengetahuan lebih. Sehingga mampu mengakomodasi kepentingan masyarakat,” ujarmya.

Karena itu pula kata dia peran dari Kades berada diposisi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan otonomi desa.

“Dengan telah dilantiknya saudara pada hari ini, berarti saudara sudah secara resmi dapat menjalankan tugas sebagai kepala desa,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan Kepala Desa memiliki kedudukan yang strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan secara regional dan nasional.

“Hal ini karena pemerintahan desa saat ini diberikan beberapa keleluasaan yang cukup besar dalam penyelenggaraan pemerintahan termasuk didalamnya dalam mengelola keuangan desa,” jelasnya.

Disamping itu politisi PPP itu mengatakan pemerintahan desa diberikan kesempatan yang luas dalam mengusulkan kegiatan prioritas di desa melalui Musrenbang dan musyawarah pembangunan lainnya.

“Hal itu dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan desa yang alokasi anggarannya dapat berasal dari APBD Kabupaten atau Propinsi, APBN ataupun dana cost sharing,” katanya.

Selanjutnya Ra Latif berharap Kades Tolbuk yang baru saja dilantik bisa bekerja secara maksimal sesuai dengan aturan agar bisa mensejahterakan masyarakat di desanya.

“Harus bisa bekerja dengan maksimal, dengan mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat terutama dalam hal pengelolaan APBDes,” pungkasnya. (Red)

Leave a Comment