Data Utama Madura Sosial Sumenep

Bupati Ajak Para Pengusaha Dukung Pembangunan Sumenep Melalui Baznas

Bupati Sumenep saat mendampingi pemberian zakat fitrah kepada anak yatim di Pendopo Kraton

SUMENEP, beritadata.id – Belum lama ini, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumenep menerima penyaluran zakat dari PT Garam dan Paguyuban Petambak.

Rinciannya, penyerahan zakat dari PT Garam Kalianget berupa uang senilai Rp 30 Juta. Sementara dari Paguyuban Petambak berupa beras sebanyak 1 ton.

Penyerahan zakat tersebut dilakukan di Pendopo Kraton pada Senin (10/5/21) kemarin, disaksikan langsung oleh Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Dalam sambutannya, Achmad Fauzi mengatakan, pada dasarnya penyerahan zakat dari perusahaan dan pengusaha itu adalah untuk membantu pembiayaan dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih atas terlaksananya kegiatan semacam ini,” ucap dia.

Selain itu, Achmad Fauzi juga mengajak perusahaan dan pengusaha untuk bekerjasama dalam membangun Sumenep. Kata dia, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dalam membangun daerah, akibat keterbatasan anggaran dana.

“Keterlibatan pihak ketiga atau swasta itu sangat penting, terutama dalam bergotong royong guna memajukan daerah demi kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Oleh Karena itu lanjut dia, setiap pengusaha yang ingin membuka usaha di Kabupaten Sumenep harus siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Salah satunya yaitu dengan membuat pernyataan sikap bersedia bekerja sama dengan Baznas.

“Melalui Baznas, paguyuban masing-masing jenis usaha itu nanti bisa menyalurkan bantuan untuk masyarakat, seperti bantuan program kepada fakir miskin, anak yatim, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan beasiswa bagi keluarga tidak mampu,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Sumenep, Moh. Jazuli, MH.I mengatakan, pihaknya berterimakasih kepada PT. Garam yang telah menyerahkan zakat dan sadekah sebesar Rp 30 juta serta kepada Paguyuban Petambak Kabupaten Sumenep yang juga menyerahkan zakat berupa beras sebanyak 1 ton.

“Amanah ini akan kami salurkan dengan baik, dalam kegiatan keagamaan akan kita bagikan kepada anak yatim serta kepada Seribu Masjid dan Musholla,” tutupnya. (Zn)

Leave a Comment