Bangkalan Data Utama Madura

Berkunjung ke Bangkalan, Ridwan Kamil Dukung Gelar Pahlawan Syaikhona Kholil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ziarah ke pasarean Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan

BANGKALAN, beritadata.id – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil melakukan kunjungan ke Kabupaten Bangkalan, Kamis (20/1/2022). Dalam lawatannya tersebut pria yang akrab disapa Kang Emil itu menyatakan dukungannya pada pengusulan gelar kepahlawanan Syaikhona Muhammad Kholil.

Rombongan Kang Emil tiba di Kabupaten Bangkalan pada pukul 08.00 pagi dan langsung menuju pesarean Syaikhona Kholil. Kang Emil langsung disambut oleh Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron.

Selain berziarah dan berdoa bersama, Ridwan Kamil didampingi Ra Latif juga menyempatkan melihat beberapa produk lokal dan menikmati kuliner sate khas Madura yang dijual oleh pedagang kaki lima di sekitar pesarean.

Pada kesempatan tersebut Ridwan Kami mengatakan bahwa Jawa Barat ikut mendukung pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Syaikhona Kholil.

“Beliau merupakan sosok guru besar yang banyak melahirkan ulama besar, salah satunya KH Hasyim Asy’ari pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Sudah selayaknya jasa-jasa beliau mendapatkan penghargaan dan apresiasi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Ridwan Kamil juga mengatakan bahwa wisata religi Syaichona Kholil memliki nilai ekonomi yang tinggi.

“Di bulan Maulid Nabi, banyak warga Jawa Barat yang berziarah ke pesarean Syaikhona Kholil, bahkan bisa mencapai puluhan bus. Karena itu pembangunan wisata religi ini perlu ditata dengan baik sehingga memberikan nilai ekonomi, terutama bagi masyarakat termasuk sektor UMKMnya,” jelasnya.

Sementara itu Bupati Ra Latif mengatakan bahwa kunjungan Ridwan Kamil selain berziarah juga mengadakan silaturahmi sekaligus berdialog dengan para tokoh ulama di Kabupaten Bangkalan.

“Ada beberapa hal yang didiskusikan, terutama terkait masalah keagamaan, pondok pesantren serta pemberdayaan masyarakat. Melalui diskusi ini diharapkan nantinya ada program-program yang dapat membangun Bangkalan lebih maju,” kata Ra Latif. (Red)

Leave a Comment