Budaya Data Utama Madura Sumenep

Berkolaborasi dengan Pemkab, Disbudporapar Sumenep Gali Potensi Anak Yatim Lewat Festival Kreasi

Festival Kreasi Anak Yatim menampilkan pertunjukan meriah

SUMENEP, beritadata.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep sukses menggelar Festival Kreasi Anak Yatim. Event tersebut merupakan rangkaian Kalender Wisata 2023 khusus di bulan Februari.

Dalam pelaksanaan event yang digelar di Pendopo Agung Keraton itu, Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep juga menjadi salah satu instansi yang ikut ambil bagian dalam mensukseskan acara.

Kepala Disbudporapar Sumenep Moh Ikhsan mengatakan, selain membangkitkan rasa kemanusiaan, festival kreasi anak  yatim merupakan ajang menggali potensi mereka.

Dimana, rangkaian acara diisi dengan beragam lomba, seperti membaca puisi, olahraga, tilawah Al-Qur’an, pidato dan sejumlah kegiatan seni budaya lainnya.

“Kegiatan juga dirangkai dengan pemberian santunan kepada 1000 anak yatim yang dilakukan oleh bapak Bupati,” katanya, Senin 20 Februari 2023.

Menurut Ikhsan, melalui kegiatan tersebut, Pemerintah sejatinya ingin memuliakan anak yatim sekaligus memperingati Isra Miraj.

“Karena menolong atau membantu anak yatim adalah perbuatan mulia,” sambungnya.

Pihaknya mengungkapkan, kegiatan yang sudah dilaksanakan itu tidak hanya sebatas festival seremonial lalu selesai. Akan tetapi akan ada tindak lanjut seperti adanya pembinaan.

“Untuk anak yatim program pembinaan berkelanjutannya melekat di Baznas dan Kesmas,” ungkapnya.

Sementara itu Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, kegiatan ini akan menjadi program wajib, di tahun-tahun berikutnya juga akan digelar dengan konsep berbeda sesuai program Pemerintah Kabupaten Sumenep.

“Kegiatan peduli kepada anak yatim harus diadakan setiap tahun, meskipun format dan konsepnya saja yang berbeda, termasuk pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumenep mendatang,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment