Business Data Utama Jatim Madura Sumenep

Berantas Pengangguran dengan Ribuan Loker, Sumenep Job Fair 2024 Dibanjiri Pelamar Kerja

SUMENEP, beritadata.id – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep untuk memberantas tingginya angka tingkat pengangguran terbuka (TPT) terus dilakukan.

Dimana, Pemkab kembali menggelar Job Fair dengan menghadirkan 8.431 lowongan kerja (Loker). Job Fair 2024 ini digelar di Gedung Kopri, Jalan dr Cipto. Kamis 19 Septenber

Ribuan para pelamar kerja dari berbagai daerah, baik lokal maupun dari luar Kabupaten Sumenep nampak membanjiri Loker tersebut. Pasalnya, kali ini hanya dilaksanakan selama satu hari sebab keterbatasan anggaran. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sumenep Heru Santoso menerangkan, delapan ribu lebih lowongan kerja itu berasal dari 33 perusahaan dalam dan luar Negeri.

Posisi Loker yang ditawarkan dari Sumenep Job Fair 2024 kali ini cukup beragam, mulai dari administrasi perkantoran, sales marketing hingga tenaga medis. 

“Untuk yang diluar negeri itu bahkan gajinya bisa mencapai di atas Rp 35 juta per bulan, tapi tentu saja syaratnya juga ketat,” terangnya. 

Menurut Heru, adanya Job Fair 2024 ini menjadi harapan bagi masyarakat Sumenep dan first graduate, yang kebingungan untuk mencari loker dan mendapatkan pekerjaan yang layak. 

Ia menyebut, penyelenggaraan Sumenep Job Fair 2024 juga sebagai jembatan antara perusahaan yang memerlukan karyawan dengan masyarakat yang membutuhkan pekerjaan. 

Oleh karena itu, pihaknya berupaya maksimal untuk memberikan kemudahan bagi pelamar dan perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan menggelar Job Fair.

“Sehingga nantinya berdampak positif pada penurunan angka pengangguran terbuka di wilayah setempat,” urainya.

Sementara itu Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengatakan, Job Fair merupakan salah satu upaya untuk terus menuntaskan persoalan pengangguran terbuka di Kabupaten Sumenep, yang kini berada di angka 1,61 persen. 

“Jadi, job fair ini salah satu upaya kami untuk menekan angka pengangguran terbuka, selain itu kami juga melakukan pemberdayaan, pelatihan dan kewirausahaan. Ini harus kita atas bersama-sama,” katanya. 

Di tempat yang sama, salah seorang pelamar kerja di Job Fair 2024 Nurul mengugkapkan, sangat menyambut baik gelaran Job Fair 2024 yang digagas oleh Disnaker Sumenep. 

Ia menilai, Job Fair ini menjadi kesempatan besar baginya dan para pencari kerja lain yang masih kesulitan untuk mendapatkan informasi lowongan kerja. Namun, ia merasa informasi Job Fair kali ini terkesan mendadak.

“Ke depan jika ada pelaksanaan kegiatan yang sama bisa diinformasikan jauh-jauh hari sebelumnya, sehingga kami yang ingin mendaftar bisa mempersiapkan dokumen yang menjadi syarat pendaftaran,” ujarnya. 

“Ini baru pertama kali mencoba daftar di Job Fair, mudah-mudahan sukses,” pungkas Nurul. (*/zn)

Leave a Comment