Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

Belum Miliki BPJS, Warga Tetap Bisa Berobat Gratis ke RSUD Sumenep

Direktur RSUD Sumenep dr Erliyati

SUMENEP, beritadata.id – Warga Kabupaten Sumenep yang belum memiliki atau terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan tetap bisa berobat gratis. Hal ini disampaikan oleh Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep dr Erliyati.

“Meski belum punya BPJS, warga tetap bisa berobat gratis cukup dengan menggunakan KTP,” katanya, Kamis 6 April 2023.

Ia menjelaskan, warga Kota Keris tidak boleh lagi beralasan tidak mempunyai biaya untuk mendapatkan pengobatan di tempat kesehatan, baik di tingkat Puskesmas maupun rumah sakit umum daerah (RSUD).

Sebab, komitmen rumah sakit dalam mewujudkan bismillah melayani telah terwujud melalui program UHC (Universal Health Coverage).

“Tidak ada lagi alasan tidak punya biaya. Jika tidak tahu, cukup tanyakan ke layanan kesehatan terdekat, UHC ini hadiah dari bapak Bupati untuk masyarakat,” jelasnya.

Pihaknya berharap, program pemerintah dalam sistem pelayanan kesehatan berupa UHC ini dimanfaatkan dengan baik, karena kehadiran UHC dalam rangka untuk mewujudkan pelayanan yang mumpuni kepada masyarakat.

“Masyarakat sehat, semuanya sehat, karena kesehatan masyarakat juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Ia menambahkan, masyarakat tak boleh khawatir soal stigma negatif akan mendapatkan layanan kurang memuaskan jika mengakses fasilitas berobat gratis.

“Bisa ditanyakan ke yang sudah menggunankan layanan UHC, justru kami malah senang jika pasien itu menggunakan layanan UHC daripada layanan umum,” pungkasnya diiringi senyum. (Zn)

Leave a Comment