Data Utama Madura Sumenep

Bandar Udara Trunojoyo Buka Jalur Komersil Rute Sumenep-Banyuwangi PP

Pesawat milik maskapai Susi Air jenis BK-BVU sebelum lepas landas di Bandara Trunojoyo Sumenep

SUMENEP, beritadata.id – Setelah sempat ditinggal maskapai Wings Air akibat minimnya jumlah penumpang, maskapai penerbangan Susi Air mengambil kesempatan membuka jalur komersil rute Sumenep-Banyuwangi pergi-pulang (PP).

Tepatnya di Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Pulau Madura ke Bandara Banyuwangi di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Penerbangan menggunakan pesawat Cessna C208B Grand Caravan.

Kepala UPBU Trunojoyo Sumenep Moh Aqodri Arman mengatakan, rute tersebut mulai dibuka sejak 11 Januari 2022. Dimana rute penerbangan dijadwalkan beroperasi sebanyak dua kali dalam seminggu, yakni pada hari Selasa dan hari Rabu.

Pada hari Selasa, pesawat dijadwalkan berangkat dari Bandara Trunojoyo ke Banyuwangi pukul 12.20 WIB. Pesawat akan tiba di Bandara Banyuwangi pada pukul 13.05 WIB.

Sementara pesawat di Bandara Banyuwangi akan terbang pukul 13.15 WIB. Lalu mendarat di Bandara UPBU Trunojoyo Sumenep pukul 14.00 WIB.

Sedangkan pada hari Rabu, pesawat dijadwalkan berangkat pada pukul 10.40 WIB dan akan tiba di tujuan pada pukul 11.25 WIB. Kemudian pesawat berangkat dari Bandara Banyuwangi pukul 11.35 WIB. Lalu tiba di UPBU Trunojoyo Sumenep tepat pukul 12.20 WIB.

Harga tiket yang ditawarkan pun sangat terjangkau, untuk rute Sumenep – Banyuwangi mulai dari Rp 245.000. Sementara harga tiket untuk rute Banyuwangi – Sumenep mulai dari Rp 299.000.

“Rute ini merupakan solusi untuk memangkas jarak tempuh, biasanya menggunakan jalur laut memakan waktu 10 jam, ini bisa ditempuh dalam waktu 50 menit,” urai Aqodri.

Kata dia, dalam sekali berangkat kapasitas pesawat bisa menampung 14 orang dengan Pilot. Dirinya berharap, jalur komersil ini bisa menjadi referensi bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa penerbangan.

“Meski 1 orang penumpang kita tetap berangkat,” tutupnya. (Zn)

Leave a Comment