Data Utama Madura Sampang

Anggota Koramil 01 Sampang Bantu Padamkan Kebakaran Pohon Bambu

SAMPANG, beritadata.id – Dampak musim kemarau yang hingga kini masih terus terjadi. Salah satu akibatnya, diduga karena puntung rokok, kebun bambu milik Hj Hamna dijalan panglima sudirman terbakar, Selasa siang (29/9/2020). Beruntung, kebakaran tidak sampai merembet ke pemukiman warga berkat kerja keras anggota Koramil 01 Sampang dan masyarakat dalam memadamkan kebakaran.

Pihak Koramil segera memadamkan kebakaran dengan melakukan pembahasan di sekitar lahan yang terbakar agar tidak semakin meluas. Berkat kerjasama pemadaman dari berbagai pihak, akhirnya api dapat dipadamkan pada pukul 14.15 WIB.

Berdasarkan pengakuan warga, kejadian kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB, di kebun bambu milik Hj Hamna di jalan Panglima Sudirman Kelurahan Dalpenang Kecamatan Sampang. Api yang hampir merembet kepemukiman warga tersebut langsung di padamkan oleh tiga personil Koramil 01 yang di bantu warga sekitar lokasi.

Sementara itu, melihat kejadian tersebut masyarakat menghubungi pemadam Kebakaran. Sehingga pada pukul 13.45 WIB, 3 Unit Mobil Damkar tiba di lokasi kejadian. Masyarakat dibantu oleh Pemadam kebakaran serta 3 Personil Koramil 01 sampang berusaha memadamkan api di tempat kejadian.

Pelda Sugeng Haryadi mengatakan saat di temui dilokasi mengatakan, bahwa dugaan kebakaran diduga dari puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh masyarakat. “Kami Ikut membantu dalam memadamkan api, berkoordinasi dengan instansi terkait dan memonitor perkembangan selanjutnya,” tegasnya.

Selain itu, pihaknya berusaha untuk memadamkan kebakaran agar tidak meluas. “Saya bersama masyarakat setempat langsung melakukan pemadaman. Tapi, kami kesulitan karena kondisi angin sangat kencang bahkan kebakaran sempat meluas. Maka, saya langsung melaporkannya ke rekan saya yang sedang piket agar dapat bantuan dari pihak lain. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu,” jelasnya.

Dengan kejadian tersebut Babinsa ini menghimbau kepada warga agar selalu berhati-hati, terutama jika akan meninggalkan rumah. Apalagi tidak ceroboh membuang puntung rokok sembarangan. “Harus benar-benar dicek keberadaan lingkungannya, karena saat sekarang ini sangat rawan akan terjadinya kebakaran karena masuk musim kemarau yang panas,” pungkasnya. (ful)

Leave a Comment