Data Utama Madura Pendidikan Sumenep

Anggota Komisi IV DPRD Sumenep Siapkan Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi

Anggota komisi IV DPRD Sumenep Nia Kurnia Fauzi

SUMENEP, beritadata.id – Politisi PDI Perjuangan Nia Kurnia Fauzi siapkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi di lima Kecamatan daerah pemilihan (Dapil) I Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Total beasiswa yang akan diberikan anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Sumenep tersebut terbilang cukup menggiurkan. Yakni senilai Rp 200 juta.

Dimana, beasiswa itu akan diberikan kepada 100 mahasiswa dengan kriteria tertentu yang ada di lima Kecamatan Dapil I. Yang meliputi Kecamatan Kota, Manding, Batuan, Kalianget dan Kecamatan Talango.

Rinciannya, di masing-masing kecamatan akan dipilih 20 mahasiswa yang memenuhi syarat dan ketentuan. Nantinya per orang akan menerima beasiswa sebesar Rp 2 juta.

Untuk bisa mendapat beasiswa dari politisi PDI-P itu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya harus berasal dari dapil I seperti yang disebutkan di atas.

“Mahasiswa yang akan menerima beasiswa wajib dari Dapil I. Karena sumber anggaran yang kami akan realisasikan berasal dari pokok pikiran (pokir),” ujar Nia Kurnia Fauzi.

Syarat berikutnya ialah mahasiswa aktif di salah satu universitas atau perguruan tinggi di lingkungan Kabupaten Sumenep. Dan harus memiliki IPK minimal 2,5 pada semester sebelum menerima beasiswa.

Menurut Istri Bupati Sumenep itu, selain IPK minimal 2,5, mahasiswa yang menginginkan beasiswa itu juga harus membuat dan menyetor makalah hasil karya sendiri tentang wawasan kebangsaan dan partisipasi politik perempuan.

Beasiswa yang bakal diberikan istri Bupati Sumenep Achmad Fauzi itu merupakan salah satu bentuk kepeduliannya terhadap dunia pendidikan, khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Saya berharap beasiswa itu dapat membantu orang tua mahasiswa dalam membiayai anaknya menempuh pendidikan. Semoga bisa bermanfaat, baik untuk mahasiswa maupun untuk kemajuan pendidikan di Sumenep,” pungkasnya.

Surat permohonan beasiswa itu ditujukan kepada Nia Kurnia Fauzi, dengan melampirkan berkas-berkas persyaratan sebagai berikut:

  1. Menyerahkan IPK minimal 2,5 (semester terakhir);
  2. Warga Dapil I;
  3. Kuliah di Universitas/PT di Sumenep;
  4. Menyetor makalah tentang wawasan kebangsaan dan partisipasi politik perempuan (karya sendiri);
  5. Sedang menempuh pendidikan S-1 (mahsiswa aktif).

Syarat dan ketentuan tersebut bisa disetorkan ke kantor Graha Pers Media Center Sumenep Melayani di Jl. Dr. Cipto, Desa Kolor, Kecamatan Kota. (Zn)

Leave a Comment