Bangkalan Data Utama Kesehatan Madura

Anda Harus Tau, Begini Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Baik Menurut Dokter THT RSUD Bangkalan

BANGKALAN, beritadata.id – Masih banyak orang yang salah kaprah dalam membersihkan kotoran telinga. Alat pembersih yang digunakan biasanya berupa cotton bud, bulu ayam, penutup pulpen, jari, dan korek api. Lazimnya, setiap orang membersihkan kotoran telinga jika sudah merasa ada gangguan pendengaran. Seperti nyeri, gatal, dan pendengaran mendengung.

Oleh karena itu, Dokter Penanggung Jawab Poli THT RSUD Syamrabu dr. Endang Fitrih Mulyaningsih, Sp.THT-KL memberikan tips yang benar dan aman membersihkan kotoran telinga. Menurutnya, kotoran telinga juga biasa dikenal dengan istilah serumen.

“Keberadaannya di telinga karena diproduksi kelenjar sebasea, kelenjar seruminosa yang ada di 1/3 luar liang telinga. Cerumen stay kotoran telinga merupakan mekanisme perlindungan telinga dari benda asing dan infeksi di telinga,” paparnya.

Serumen memiliki potensial hidrogen (pH) atau asam dengan skala 4–5. Asam itu tidak disenangi oleh mikroorganisme sehingga membantu mengurangi risiko infeksi pada liang telinga. Selain itu, serumen berfungsi membersihkan, melindungi, dan melapisi saluran telinga.

“Pembersihan kotoran telinga secara alamiah terjadi saat rahang mengunyah makanan atau berbicara. Dengan demikian, kotoran termasuk debu dan materi dari dalam telinga akan terdorong ke bagian luar saluran telinga,” ujar dr. Endang.

Sedangkan pembersihan kotoran telinga dengan cotton bud atau kapas tidak sepenuhnya dianjurkan secara medis. Karena jika terlalu berlebihan, dapat merusak lapisan alami kulit liang telinga dan menimbulkan trauma serta pendarahan. Trauma bisa memudahkan bakteri masuk dan menimbulkan infeksi.

“Penggunaan cotton bud, juga bisa mendorong kotoran lebih jauh masuk ke dalam telinga. Selain itu, kapas yang ada di ujung cotton bud berpotensi terlepas dan tertinggal di saluran telinga. Pembersihan telinga harus diperhatikan agar jangan sampai ada lecet, apalagi menimbulkan jamur,” terangnya.

“Jika tetap ingin membersihkan telinga dengan cotton bud, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui jenis serumen di telinga. Sebab, ada dua jenis kotoran telinga. Yaitu, kotoran yang keras atau menggumpal dan lunak,” imbuhnya.

Itulah tips membersihkan telinga yang baik. Pembaca yang budiman, jangan rusak gendang telinga kita dengan pembersihan telinga yang salah. Ikutilah cara-cara membersihkan telinga yang baik. (Red)

Leave a Comment