Data Utama Kesehatan Madura Sumenep

Agar Mudah dan Efisien, RSUD Sumenep Berencana Bangun Fasilitas Bank Darah

Pengendara melintas di depan RSUD dr Moh Anwar, Jl dr Cipto Sumenep

SUMENEP, beritadata.id – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moh Anwar Sumenep berencana membangun fasilitas Bank Darah pada tahun 2024 mendatang.

Langkah ini diambil agar pelayanan lebih mudah, cepat dan efisien bagi masyarakat dalam mengakses kebutuhan darah saat melahirkan maupun kecelakaan.

Hal ini disampaikan Kasi Humas RSUD dr Moh Anwar Sumenep Arman Endika Saputra saat ditemui langsung di ruang kerjanya, Selasa, 11 April 2023.

Arman menjelaskan, selama ini dalam pemenuhan kebutuhan darah, biasanya keluarga pasien mengaksesnya sendiri ke Palang Merah Indonesia (PMI), dimana sistem ini tidak efisien. Apalagi, saat ada pasien yang membutuhkan penanganan cepat.

Oleh karena itu, dengan membangun fasilitas bank darah ini, diharapkan bisa menunjang kebutuhan transfusi darah, sehingga jika ada pasien yang membutuhkan darah dengan segera, petugas bisa langsung mengambilkannya.

“Keluarga pasien tinggal menunggu. Jadi tidak perlu lagi mengakses kebutuhan darah secara mandiri ke PMI atau mengambil darah ke lokasi yang jauh,” jelasnya.

“Dengan adanya bank darah ini, layanan RSUD  akan semakin efisien, leluarga pasien juga tidak akan dipungut biaya apa pun untuk pelayanan ini,” sambungnya

Menurut dia, dalam pembangunan fasilitas bank darah itu, RSUD dr Moh Anwar akan bekerjasama dengan PMI Sumenep.

“Kita itu berusaha agar kebutuhan darah selalu ready, makanya kita adakan bank darah, paling tidak kalau kita fasilitasi, kasus-kasus mengenai kebutuhan darah, bisa lebih cepat tertangani,” pungkas Arman. (Zn)

Leave a Comment