Bangkalan Data Utama Madura Pendidikan

Adakan Gebyar Gerakan Menghafal Al Quran, Disdik Dapat Apresiasi Bupati

Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron (kanan) dan Kepala Dinas Pendidikan Bambang Budi Mustika (kiri) saat menghadiri acara Gebyar Gerakan Menghafal Al Quran

BANGKALAN, beritadata.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bangkalan mengadakan acara Gebyar Gerakan Bangkalan Menghafal Al Quran, Rabu (18/12/2019). Acara yang digelar di Gedung Serbaguna Rato Ebuh itu mendapat apresiasi dari Bupati Bangkalan R Abd Latif Amin Imron.

“Saya sebagai Bupati Bangkalan menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi tingginya kepada Saudara Kepala Dinas Pendidikan,” ujar Ra Latif.

Kata Buapti acara tersebut bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan. Dua instansi itu yang telah memprakarsai lahirnya Gerakan Bangkalan Menghafal Al Quran (GBMQ) dan penerbitan Buku Petunjuk Teknis sebagaimana telah diterima oleh tamu undangan.

Lebih lanjut ia mengatakan acara itu merupakan rangkaian dari kegiatan sosialisasi Peraturan Bupati Bangkalan nomor 53 tahun 2019 tentang Gerakan Bangkalan Menghafal Al Quran (GBMQ) Pada Satuan Pendidikan Dasar mulai dari Tingkat SD/MI, SMP/MTs se Kabupaten Bangkalan.

“Juga sebagai implementasi dari Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Bangkalan, dan Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2019 tentang Bangkalan Sebagai Kota Dzikir Dan Shalawat,” imbuhnya.

Ia berharap kedepan sekolah dan madrasah di Kabupaten Bangkalan dapat mencetak anak-anak SD/MI, SMP, MTs yang bisa menghafal Al Quran minimal hafal juz amma atau Al Quran Juz ke 30.

“Saya yakin ketika para siswa sudah bisa membaca, menulis, dan menghafal Al Quran dengan baik, apalagi sudah bisa menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al Quran secara benar,” jelasnya.

Jika sudah seperti itu lanjutnya, maka dipastikan tidak akan ada lagi siswa yang suka tawuran dan tidak ada lagi siswa yang suka pada narkoba, karena hati dan jiwanya sudah dihiasi dengan cahaya Al Quran, keimanan dan ketakwaannya akan semakin kokoh dan kuat dengan barokah Al Quran.

“Saya harapkan kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala kantor Kementerian Agama agar memberikan penguatan kepada semua kepala sekolah dan kepala madrasah, khususnya kepada para guru Agama sebagai pembimbing GBMQ untuk mensukseskan gerakan ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Bambang Budi Mustika mengatakan, program tersebut di sebagian sekolah sudah diterapkan. Sehingga kata dia untuk melaksanakan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati pihaknya menginisiasi menyeragamkan kepada semua sekolah dari tingkat SD dan SMP.

“Dengan program ini bisa menguatkan pendidikan karater setiap siswa dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidapan sehari-hari,” ujarnya. (Red)

Leave a Comment