Data Utama Metropolitan Surabaya

Khofifah Akui Haris Menantu Ketua Timsesnya di Pilgub Jatim

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa heran namanya disebut Ketua Umum PPP nonaktif Romahurmuziy telah merekom Haris Hasanudin menjadi Kepala Kemenag Jatim. Sebab, Khofifah mengaku tidak mengenal Haris secara personal.

“Kalau kenal secara personal, tidak. Tetapi bahwa beliau pernah jabat Kepala Kantor Kemenag Surabaya, beliau sempat Plt (Kakanwil Kemenag Jatim, red), saya sempat ketemu di pengajian sekali. Setelah saya jadi gubernur, saya ketemu lagi ketika beliau audiensi di Grahadi,” kata Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (23/3/2019).

Jawaban Khofifah membuat awak media geleng-geleng. Bagaimana tidak, Haris adalah menantu dari Roziqi yang merupakan Ketua Tim Sukses Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2018. Roziqi sendiri adalah mantan Kepala Kemenag Jatim tahun 2003 hingga 2009.

Dikonfirmasi perihal tersebut, Khofifah menegaskan meski Haris merupakan menantu Roziqi, tidak berpengaruh pada pengisian jabatan di Kemenag Jatim. Terlebih jika tak memenuhi kualifikasi, tidak akan bisa mendapat jabatan tersebut. 


“Iya, saya tahu bahwa Pak Haris adalah menantu Ketua Tim Pemenangan saya (Roziqi). Saya tahu juga belakangan bahwa Pak Haris adalah menantu dari Pak Roziqi, tapi teman-teman, yang namanya open bidding ya open bidding. Anak ya anak, mantu ya mantu, itu bersifat personal. Kalau tidak memenuhi kualifikasi kan nggak bisa ikut open bidding,” kata Khofifah.

Khofifah mengaku kaget namanya diseret terlibat atas pengisian jabatan di Kemenag Jatim. Khofifah menegaskan bahwa dirinya tidak pernah merekom Haris kepada Romi untuk jabat sebagai Kakanwil Kemenag Jatim.

“Itu (tudingan, red), sama sekali tidak benar. Saya kaget merekomendasikan dalam hal apa. Silakan teman-teman tanya mengklarifikasi aja ke mas Romi,” kata Khofifah.

Sebelumnya, Romi mengaku hanya meneruskan aspirasi soal pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) Jatim. Menurut Romi, banyak pihak yang menganggap dirinya sebagai orang yang bisa meyampaikan aspirasi tersebut kepada pihak-pihak yang memang memiliki kewenangan.

Romi mencontohkan soal jabatan Haris Hasanudin sebagai Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur. Kata Romi, pihaknya mendapat rekomendasi terkait Haris dari Gubernur Jatim Khofifah dan Kiai Asep Saifuddin Chalim. 

“Kemudian Ibu Khofifah Indar Parawansa, beliau gubernur terpilih yang jelas-jelas mengatakan, ‘Mas Rommy, percayalah dengan Haris karena Haris ini orang yang pekerjaannya bagus. Sebagai gubernur terpilih pada waktu itu beliau mengatakan ‘kalau Mas Haris saya sudah kenal kinerjanya, sehingga ke depan sinergi dengan pemprov itu lebih baik,” ujar Romi. (Mal/Lim)

Leave a Comment