Budaya Data Utama Madura Sumenep

40 Grup Musik Tong-Tong Bakal Meriahkan Hari Jadi Sumenep ke-754, Jangan Lupa Catat Tanggalnya

Rute festival musik tong-tong di peringatan hari jadi Kabupaten Sumenep ke-754

SUMENEP, beritadata.id – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumenep ke-754, pemerintah Kabupaten setempat bakal menggelar dengan festival musik tong tong se-Madura. 

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 40 grup musik tong-tong se-Madura ini akan menampilkan kebolehannya dalam merebut piala bergilir Bupati Sumenep serta total hadiah Rp 75 juta. 

Parade musik tong-tong ini akan digelar pada Sabtu 14 Okyober 2023, tepatnya malam Minggu pukul 19.00 WIB. Start awal dimulai dari Taman Bunga Jalan Trunojoyo dan finish di Jalan Agus Salim di depan toko elektronik Spectra.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo menyampaikan, musik tong tong merupakan karya besar warga masyarakat Madura yang perlu dilestarikan.

“Ini merupakan bentuk pelestarian musik tradisional di tengah modernisasi yang semakin canggih, sehingga kesenian tradisional tidak tergerus,” katanya, Selasa 10 Oktober 2023.

Bupati berharap, Hari Jadi Kabupaten Sumenep menjadi ajang inovasi bagi masyarakat Madura dalam melestarikan kesenian tradisional.

“Festival musik tong tong akan terlaksana di jantung kota Sumenep, mudah-mudahan masyarakat se-Madura akan terhibur,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment