Data Utama Kesehatan Madura Sosial Sumenep

386 Orang di Sumenep Ikuti Operasi Katarak Gratis

MH Said Abdullah saat menyampaikan sambutan pada saat pembukaan acara operasi mata gratis (Istimewa)

SUMENEP, beritadata.id – Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDI-P) Sumenep bersama Said Abdullah Institute (SAI) gelar operasi mata gratis.

Kegiatan sosial ini berlangsung selama 3 sampai 4 hari di halaman kantor DPC PDI Perjuangan Jalan Raya Lingkar Barat, Dusun Aredake, Kecamatan Batuan, Jawa Timur, Minggu (14/08/22)

Program operasi mata ini dikhususkan untuk penderita penyakit mata katarak maupun pterygium atau penyakit mata yang terjadi akibat adanya pertumbuhan selaput jaringan berbentuk segitiga berwarna merah muda dan muncul pada bagian putih bola mata.

Dalam sambutannya, Ketua DPC PDI-P Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan, berdasarkan data yang masuk ke panitia tercatat jumlah pendaftar sebanyak 798 orang. Setelah dilakukan tes medis oleh tim dokter, ternyata yang berhak mengikuti program operasi mata katarak dan pterygium ini ada 386 orang.

Dimana, dari 386 orang yang mengikuti operasi mata katarak dan pterygium gratis tersebut, akan mendapat penanganan khusus dari dokter ahli berikut obat dan lensa. Selain itu, mereka juga akan diberikan fasilitas transportasi dengan nominal Rp 500 ribu per orang.

“Adanya program operasi mata gratis ini mendapat responsangat luar biasa dari masyarakat,” katanya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sumenep ini menambahkan, tekad dan bulat partai berlambang banteng untuk berkontribusi dan dekat dengan masayarakat akan terus dijalin bukan hanya sebatas kepentingan sesaat. Sebab, ia yakin program yang humanis dan berbasis kerakyatan akan memberikan dampak besar untuk kesejahteraan rakyat khususnya di Kota Keris.

“Tak lupa juga kami ucapkan terima kasih banyak kepada seluruh pihak yang telah berupaya maksimal dalam menyukseskan program ini. Khusunya, kepada pembina Said Abdullah Institute, Bapak Said Abdullah,” urainya.

Sementara itu, MH Said Abdullah menjelaskan, program operasi mata gratis akan terus berlanjut setiap tahun. Hal ini dilakukan untuk membantu program pemerintah daerah sekaligus mengabdi kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Operasi mata katarak ini kan bagian dari pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat dari DPC PDI Perjuangan dan Said Abdullah Institute.

“Ini juga bagian dari upaya kita membantu program pemerintah kabupaten,” ujar pria yang juga Ketua Banggar DPR RI ini.

Ia menambahkan, program operasi mata katarak dan pterygium ini terlaksana berkat kerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI). Pelaksanaannya, ditaksir akan memakan waktu selama 3 sampai 4 hari.

“Ajunan akan ditangani oleh dokter spesialis kurang lebih 10 orang. Jadi, tidak usah takut dan khawatir,” jelasnya

MH Said Abdullah memastikan, bahwa program tersebut tidak dipungut biaya sepeserpun. Apabila ada yang mengatasnamakan panitia maupun pihak lain meminta imbalan atau biaya maka ia meminta agar dilaporkan kepada pengurus maupun kader PDI Perjuangan.

“Kalau perlu laporkan juga kepada aparat kepolisian,” kata Said, lebih lanjut.

Oleh sebab itu, politisi senior PDI Perjuangan ini mengajak seluruh masayarakat yang akan menjalani operasi mata katarak dan pterygium berdoa agar acara tersebut berjalan lancar dan sukses.

“Saya berharap bapak ibu sekalian nanti mengikuti apapun saran dari dokter setelah mengikuti program operasi katarak plus lensa ini,” harap pria yang mendapat julukan Mutiara dari Timur ini.

Hadir dalam kesempatan ini, Khalida Ayu Winarti istri MH Said Abdullah, Nia Kurnia Fauzi, Kepala Dinas Kesehatan Sumenep, Agus Mulyono serta Direktur RSUD Moh Anwar, dr Erliyati. (Zn)

Leave a Comment