Data Utama Politik Surabaya

Ratusan Surat Suara di KPU Kota Surabaya Rusak

Ilustrasi Pemilu

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya telah menerima sekitar 1,7 juta surat suara, untuk Pileg tingkat DPRD Kota Surabaya. Dari jumlah itu, ada sekitar 800 surat suasa rusak.

“Ada sekitar 800 dari 1,7 juta surat suara untuk Pileg tingkat DPRD Kota Surabaya rusak,” kata Devisi Teknis KPU Kota Surabaya, Miftakhul Gufron, dikonfirmasi, Rabu (27/2/2019).

Gufron menjelaskan, ratusan surat suara tersebut diketahui rusak saat dilakukan proses menyortir dan melipat surat suara di gudang dikawasan Nambangan, Surabaya. Dalam proses pelipatan surat suara itu, KPU Kota Surabaya mempekerjakan sebanyak 200 orang.

“Jadi, surat suara yang rusak itu nanti akan diganti yang baru. Kami juga akan melaporkan itu ke pusat agar segera diganti yang baru,@ ujarnya.

Hingga saat ini, KPU Kota Surabaya baru menerima logistik surat suara untuk Pileg 2019 tingkat DPRD Kota Surabaya. Sedangkan surat suara tingkat DPRD Provinsi Jatim, DPR RI, DPD RI, dan Pilpres masih dalam proses dicetak.

“Nanti surat suara yang lain akan dikirim secara bertahap oleh pihak percetakan, dan langsung ke KPU daerah,” ujarnya.

Selain logistik surat suara, ada lima perlengkapan logistik lainnya untuk Pemilu 2019, yakni kotak suara, bilik suara, tinta, alat coblosan, dan segel. “Ada dua logistik yang masih belum, segel dan surat suara. Nanti menyusul,” ujarnya. (Mal/Lim)

Leave a Comment