Data Utama Opini

Program Bapak Angkat UMKM sebagai Langkah Alternatif Pemulihan Ekonomi

Oleh: Muhammad Ikhsan

OPINI, beritadata.id – Semester ke 3 di tahun 2021 ini insyaAlloh kita memasuki tahapan akhir dari masalah seputar covid 19 , Pemerintah mulai meluncurkan agenda program pemulihan ekonomi setelah sekian lama sektor ekonomi terpuruk dihantam badai pandemi .

Kita menyimak pencanangan pemulihan ekonomi ini berlaku nasional ,mulai dari pemerintah pusat ,propinsi dan pemerintah kabupaten /kota .

Pertanyaan yang mengemuka mengenai program pemulihan ekonomi ini adalah seputar anggaran dan jangka waktu tercapainya sasaran maupun target dari pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19, kalau persoalan anggaran kemungkinan besar sebagian masyarakat mengetahui berapa plafon anggaran yang digelontorkan pemerintah untuk pelaksanaan program pemulihan ekonomi ini akan tetapi pertanyaan mengenai berapa lama jangka waktu pemulihan ekonomi yang dimaksud akan mencapai sasaran dan targetnya , Wallahu a’lam

Memotret kemampuan tiap tiap daerah dalam pemulihan ekonomi pasca covid 19 ini bisa dibagi menjadi tiga kluster .

Pertama adalah kluster kabupaten / kota kategori maju .

Kedua adalah kluster kabupaten / kota kategori sedang .

Ketiga adalah kluster kabupaten / kota kategori terbatas.

Dari tiga kluster kabupaten / kota diatas , kabupaten / kota dengan kategori terbatas harus mendapatkan atensi dan dukungan khusus dari pemerintah , baik dari pemerintah propinsi maupun pemerintah pusat untuk pelaksanaan program pemulihan ekonomi karena daerah tersebut memiliki banyak keterbatasan keterbatasan

Mari kita ulas saja secara khusus kabupaten / kota dengan kluster terbatas ini karena kategori ini sangat identik dengan Kabupaten Bangkalan , kemudian apa yang kemungkinan bisa dilakukan oleh daerah yang berada dikluster terbatas ini
.
Pemulihan ekonomi bukan semata mata harus mengandalkan program program stimulus dan berbentuk bantuan bantuan sosial saja , karena langkah pemulihan ekonomi itu adalah langkah yang berat maka butuh langkah langkah kongkret yang sistematis agar sasaran yang dituju cepat tercapai dan kemudian bisa dirasakan secara nyata oleh masyarakat .

Khusus program pemulihan ekonomi di Kabupaten Bangkalan rupanya harus melalui dua tahapan , tahap pertama adalah tahap program pemulihan ekonomi untuk mengatasi dampak covid 19 dan tahap selanjutnya adalah tahap pemulihan ekonomi untuk mengatasi kondisi riil daerah sejak sebelum terjadinya covid 19.

langkah pemulihan ekonomi tahap kedua ini adalah upaya upaya untuk memacu pertumbuhan lapangan kerja , memacu pertumbuhan income perkapita masyarakat dan memacu pertumbuhan investasi .

Oleh karena itu pemulihan ekonomi diKabupaten Bangkalan dibutuhkan kerja keras yang ekstra dari para pemangku kebijakan dan juga dibutuhkan dukungan dari para stakeholders Bangkalan .

Selain itu juga diperlukan skenario jalan pintas untuk pemulihan ekonomi diKabupaten Bangkalan ini karena keterbatasan yang dihadapi oleh Kabupaten Bangkalan disektor industri pendukung , sektor lapangan kerja juga keterbatasan dari sisi anggaran daerah maka membutuhkan langkah terobosan sebagai jalan keluar.

Dari paparan diatas penulis menyampaikan usulan sebagai jalan pintas kebijakan yang kemungkinan bisa dilaksanakan di Kabupaten Bangkalan . Yakni program BAPAK ANGKAT UNTUK UMKM BANGKALAN .

Langkah ini memungkinkan untuk ditempuh sebagai salah satu jalan pintas mencapai sasaran pemulihan ekonomi mengatasi dampak covid 19 ataupun sasaran pertumbuhan ekonomi jangka panjang diBangkalan karena untuk sementara waktu hanya UMKM inilah potensi yang dimiliki dan bisa ditumbuh kembangkan sebagai andalan .

Program BAPAK ANGKAT UMKM ini tidak harus semata mata mengacu kepada modal usaha akan tetapi dukungan akses , bimbingan dan dukungan moral sangatlah penting bagi saudara saudara kita yang saat ini terjun ke dunia usaha UMKM .

Mereka adalah sosok sosok yang siap terjun melakukan usaha di sektor UMKM dan alangkah bagusnya jika mereka mendapatkan dukungan dari tokoh tokoh Bangkalan yang saat ini menduduki jabatan diBangkalan baik yang menduduki jabatan politik ataupun para birokrat papan atas , juga tokoh Bangkalan yang saat ini menjabat ditingkat propinsi jawatimur ataupun tokoh Bangkalan yang saat ini berada dilevel pusat , mereka mereka inilah yang ingin kita daulat menjadi BAPAK ANGKAT UMKM BANGKALAN untuk skenario pemulihan dan pertumbuhan ekonomi di Bangkalan.

Karena sesungguhnya mereka para tokoh yang tidak bisa disebutkan satu persatu ini memiliki tanggung jawab janji kepada masyarakat ,juga memiliki janji dihati kepada kabupaten Bangkalan ini .

Jika PROGRAM BAPAK ANGKAT UMKM BANGKALAN ini terlaksana , maka 150 UMKM bakal memiliki BAPAK ANGKAT yang akan memberikan dukungan akses , bimbingan , dukungan moral bahkan dukungan modal .

Setelah itu dengan berbangga hati kita bisa satukan slogan ” Mari song osong lombhung , berhenti berpikir diri sendiri untuk Bangkalan yang sejahtera .

Leave a Comment