Business Data Utama Sumenep

LSAI bersama OJK Kembali Sosialisakan Pentingnya Literasi Keuangan di Sumenep

Para peserta saat mengikuti sosialisasi literasi OJK

SUMENEP, beritadata.id – Lembaga Studi Arus Informasi (LSAI) bekerjasama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menggelar sosialisasi pentingnya literasi keuangan di Kabupaten Sumenep. Senin (29/08/22).

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Juang, Kecamatan Batuan, dengan pemateri Pimpinan Cabang Bank Mandiri Sumenep Opon Supandi.

Direktur Eksekutif LSAI Abrari mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan, di antaranya, agar pemahaman masyarakat terhadap produk dan jasa keuangan, termasuk investasi, makin meningkat dan terhindar dari investasi bodong.

“Selain itu, agar masyarakat lebih mengetahui hak dan kewajiban serta meyakini bahwa produk dan layanan jasa keuangan yang dipilih dapat meningkatkan kesejahteraan hidup,” urainya.

Menurut Abrari, berdasarkan survei OJK, indeks literasi keuangan baru 38,03 persen. Sedangkan indeks inklusi keuangan nasional sebesar 76,19 persen.

Artinya, indeks literasi dan inklusi keuangan nasional masih memiliki gap yang cukup besar. Oleh karena itu, OJK terus berupaya meningkatkan literasi keuangan agar dapat berjalan beriringan dengan cara terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Opon Supandi menjelaskan, bahwa literasi keuangan menurut OJK ialah pengetahuan dan pemahaman mengenai manfaat dan risiko produk dan layanan jasa keuangan yang bisa memberikan manfaat besar bagi sektor jasa keuangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Contoh sederhana dari manfaat literasi keuangan adalah ketika seseorang memiliki literasi keuangan yang baik, maka ia bisa menjadwalkan pembayaran tagihan secara tepat waktu, serta manajemen utang yang baik,” tandasnya. (Zn)

Leave a Comment