Budaya Data Utama Sumenep

Disbudporapar Sumenep Senang Even Hiburan Rakyat di Sentra PKL Pasar Bangkal Dapat Sambutan Hangat dari Masyarakat

SUMENEP, beritadata.id – Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep bersama tiga OPD lainnya gerak cepat melaksanakan intruksi Bupati. Yakni menggelar even hiburan rakyat di area Sentra PKL Pasar Bangkal.

Salah satunya kegiatan live musik Panggung Kreasi Anak Negeri (Pankreas) yang biasa digelar di Taman Adipura (Taman Bunga) setiap malam Minggu. Kini  kegitan tersebut dan seterunya juga akan digelar di Sentra PKL Pasar Bangkal. 

Acara hiburan itu dikemas dengan pesta hiburan rakyat bertajuk Panggung Kreasi Anak Negeri, Kolaborasi Budaya Musik Modern dan Musik Tongtong. Sabtu 20 April 2024.

“Kegiatan tadi malam itu perintah langsung dari pak Bupati atas permohonan dari paguyuban para pedagang Pasar Bangkal,” ujar Kepala Disbudporapar Sumenep Moh Iksan.

Ia mengungkapkan, Sentra PKL Pasar Bangkal selama ini sudah lama tak pernah tersentuh kegiatan yang mampu mengundang keramaian.

Sebab itu, Bupati Fauzi melalui Sekda Edy Rasiyadi kemudian memanggil beberapa kepala OPD setempat dan bersepakat pada malam Minggu tanggal 20 April 2024 menyelenggarakan Panggung Kreasi Anak Negeri disana.

“Animo luar biasa masyarakat pada malam itu luar biasa, ini bisa menjadi kekuatan penting untuk menopang serta menobrak perekonomian masrayakat Sumenep secara umum,” urainya.

Kadis Mohammad Iksan mengaku sangat senang dan bersyukur karena even hiburan rakyat ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Terbukti ramainya pengunjung mampu memberikan dampak yang luar biasa bagi oara pelaku UMKM.

“Kebetulan ini yang menjadi leading sektornya itu kami, Diskop Perindag dan DLH. Jadi di area yang biasanya kumuh disulap menjadi bersih, dan ini bisa dilaksanakan secara temporer di sana setiap malam minggu,” paparnya.

Ia berharap kegiatan ini menjadi tahapan awal bagaimana mematangkan perencanaan untuk meramaikan pasar-pasar UMKM di tingkat lokal yang lain.

“Insya Allah ini positif dan sangat mendukung. Mudah-mudahan pasar manapun, baik Bangkal, Tajamara, maupun Car Free Day semua ramai,” pungkasnya. (Zn)

Leave a Comment