Bangkalan

Bupati Bangkalan Launching Ponpes Tangguh

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron saat memeriksa kesiapan Ponpes Tangguh

BANGKALAN, beritadata.id – Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron memimpin acara Launching Perdana Pondok Pesantren (Ponpes) Tangguh Semeru binaan Polres Bangkalan, Rabu (10/06/2020). Ponpes Al Kholiliyah An Nuroniyah, Kelurahan Demangan, Bangkalan dipilih menjadi Ponpes Tangguh pertama.

Dalam sambutannya, Bupati berharap Ponpes yang ada di Kabupaten Bangkalan dapat mengadopsi Kampung Tangguh dalam menyambut Kembalinya para santri serta aktifitas di pondok dalam era new normal. Ra Latif mengatakan pengaplikasian Ponpes tangguh ini sebagai langkah kesiapsiagaan Ponpes untuk mencegah masuknya Covid-19 di lingkungan Pondok. 

“Untuk itu saya sangat berterima kasih dan mengapresiasi langkah Polres Bangkalan yang telah mendorong dan membina Ponpes di Bangkalan untuk mengaplikasikan konsep kampung tangguh di lingkungan Ponpes melalui program Ponpes tangguh. Saya berharap, setalah di launchingnya Ponpes tangguh di Ponpes Al Kholiliyah An Nuroniyah ini juga dapat diikuti oleh Ponpes lainnya,” katanya.

Sedangkan Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra, menjelaskan bahwa Ponpes tangguh ini merupakan sinergisitas yang melibatkan seluruh pihak baik Gugus Tugas. Ponpes juga memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mengatasi dan menjadi solusi dari penanganan Covid-19. 

“Baik fasilitas kesehatan, logistik pangan, penanganan kesehatan hingga pemulasaran jenasah sudah ada dan terpenuhi di dalam Ponpes tangguh. Para pengurus di Ponpes juga sudah kita berikan binaan. Namun yang penting saat ini adalah sikap disiplin dari para santri dalam menjalankan protokol kesehatan,” jelas Rama.

Pada laundching tersebut, para santri juga melakukan beberapa simulasi dalam menjalankan protokol kesehatan, mulai dari kegiatan cuci tangan, meminta surat keterangan sehat dari santri yang kembali hingga pemulasaran jenasah. Bupati bersama Gugus Tugas Penanganan Covid-19 juga menyempatkan diri melihat berbagai fasilitas seperti lumbung pangan, dapur umum serta fasilitas kesehatan lainnya. (Red)

Leave a Comment